Minggu, 30 Oktober 2011

PURSUING GOOD PRACTICE OF SECONDARY MATHEMATICS EDUCATION THROUGH LESSON STUDIES IN INDONESIA

By : Dr. Marsigit,M.A

Reviewed by : Samsul Feri Apriyadi

(http://mastersamsul.blogspot.com/)

Dalam usaha mewujudkan praktik pembelajaran matematika yang baik melalui kegiatan lesson study yang bekerjaswama dengan JICA.Berdasarkan pelaksanaan kegiatan Lesson Study ini, ditemukan bahwa kegiatan Lesson Study membereikan dampak terhadap guru, siswa, manajemen kelas, peralatan atau fasilitas, dan sistem sekolah.

Proyek Lesson Study terbukti sangat efektif dalam mengangkat siswa ' enthuciastic dalam belajar ilmu pengetahuan, membantu siswa untuk mengembangkan eksperimental mereka dan diskusi keterampilan, memberikan kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan mereka sendiri konsep sendiri.Dengan pendekatan kontruktivisme,siswa mungkin menemukan gaya terbaik mereka belajar. Persaingan meningkat antara kelompok-kelompok siswa dalam menyajikan hasil pekerjaan mereka dan membela presentasi mereka. Ini memaksa siswa untuk belajar teori yang lebih pada mereka sendiri.

Sebagai hasil dari Lesson Study kegiatan mengajar materi ada banyak dikembangkan baik oleh dosen dan mengajar bersama-sama atau dengan dosen atau guru sendiri. Bahan-bahan yang baik dikembangkan oleh dosen atau guru di kelas mereka sendiri atau oleh dosen dan guru bersama-sama selama kegiatan Lesson Study. Dosen atau guru mengembangkan materi mengajar setelah berpikir luas apa dan bagaimana mengembangkan bahan untuk mengajar topik tertentu, dan kemudian mengembangkan bahan.

Hasil penelitian secara signifikan menunjukkan bahwa ada perbaikan dari praktek mengajar matematika sekunder terhadap metodologi pengajaran, kompetensi guru, prestasi siswa, alternatif evaluasi, sumber belajar mengajar dan silabus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar