Rabu, 05 Oktober 2011

SUMMARY of PHILOSOPHICAL EXPLANATION ON MATHEMATICAL EXPERIENCES OF THE FIFTH GRADE STUDENTS

By : Dr .Marsigit,M.A
Reviewed by : Samsul Feri Apriyadi

Artikel ini berusaha menjelaskan secara filsafat pada pengelaman para siswa dalam melkukan percobaan pada operasi hitung decimal yang muncul pada penelitian tentang “The Effect of Epistemic Fidelity On Teaching Decimal Numeration With Physical Materials by Kaye Stacey et al (2001)”. Dimana dampak yang di timbulkan dalam mengenalkan angka desimal cenderung lebih mudah dipahami oleh siswa karena lebih menekan kan pada pemahaman dari sebuah konsep.

Penggunaan alat peraga model linear (LAB) disimpulkan lebih mendorong aktivitas dan diskusi siswa dibanding model ruang (MAB). Penggunaan alat peraga ternyata lebih menarik siswa untuk belajar sebuah konsep materi dibanding model ruang karena cenderung membosankan.

“Epistemic fidelity” merupakan pendekatan yang dilakukan oleh peneliti untuk mengembangkan model alat peraga. Penulis melihat bahwa apa yang terjadi dan ditemukan di dalam penelitian itu bersesuaian dengan Analisis Struktural dari Greimas dan teori ”double-affection” dari Kant. Telaah filosofi yang mendalam dari hal di atas menunjukkan bahwa penjelasan ternyata tidak bersifat tunggal. Dimana pendekatan afeksi dari dua belah pihak lebih mengena baik antara siswa dengan guru atau sebaliknya. Yang membuktikan pengalaman matematika akan berkesan jika terjadi interaksi aktif dari siswanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar