Selasa, 11 Oktober 2011

MATHEMATICAL THINKING ACROSS MULTILATERAL CULTURE

By : Dr. Marsigit,M.A

Reviewed by : Samsul Feri Apriyadi

(http://mastersamsul.blogspot.com/)

Gagasan dalam berfikir matematika merupakan suatu kebutuhan untuk ilmu pengetahuan,teknologi,pertumbuhan ekonomi,dan pembangunan pengajaran matematika yang inofatif. Hal ini sesuai dengan tujuan dari APEC “Konferensi Internasional dalam Pembelajaran Matematika yang Inovatif ”. Berfikir matematika sebagai isu penting dalam menciptaka pembelajaran matematika yang inovatif,karena matemtika merupkan peljaran yang memerluka berfikir abstrak dan logika. Matematika juga dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang baik fisika, ekonomi, statistik dan lain-lain.

Menurut Stacey K (2005) pemecahan masalah matematika dibutuhkan skill dan kemampuan dianataranya : Berfikir mendalam tentang matemtika,kemampuan umum,penegetahuan dari strategi,kepercayaan dan sikap,kemapuan untuk berkomunikasi. Dari hala itu dapat di identifikasikan empat dasar berfikir matematika yaitu :

• khusus – tentang kasus,contoh yang digunakan

• umum –melihat pola dan hubungan yang digunakan

• pendugaan – memprediksi antara hubunga dan jawaban

• keyakinan – untuk mencari dan menkomunikasikan setiap alasan jawaban yang ada adalah benar

Sedangkan menurut David Tall (2006) dalam pembangunan matematika terdapat beberapa tingkatan yaitu : perwujudan konsep yaitu berdasarkan pandangan dan refleksi dari suatu benda ;penggunaan symbol yaitu tahap dimana syimbol digunkan untuk mempermudah memahami contohnya penggunaan angka ; formal aksioma yaitu tahap penarika definisi dari suatu objek dan mengembangkannya menjadi sebuah konstruksi konseo yang memiliki arti.

Menurut Fou Lai Lin (2006) berfikir matemtika memberikan kemampuan untuk : membangun contoh,mengklasifikasikan berbagai contoh yang ada,mecari hubungan,melakukan,membangun konsep,menevaluasi dan mengeksplorasi diri unutuk memahami setiap persoalan metematika yang ada.

Dari beberapa pendapat yang disampaikan diatas terkait perbedaan dari masing-masing tokoh yang memiliki latar belakang budaya yang berbeda tentang berfikir matematika dapat disimpulkan bahwa :mengorganisasikn berfikir matematika dengan berfikir reflektif;menggunakan matematika untuk membngun konsep matematika;dalam proses pembelajaran yaitu bagaimana mengajarkan matematika,menggunakannya dan mengembangkannya;membangun pembelajran matematika yang inofatif untuk mencapai kesuksesan dalam proses pembelajaran;membangun jaringan untuk saling bertukar informasi,gagasan tentang pengembangan berfikir matematika baik nasional,regional maupun internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar