Kamis, 22 September 2011

Supporting Evidences And Monitoring To Develop School-Based Curriculum For Junior High School Mathematics In Indonesia

By : Dr.Marsigit,MA

Reviewed by : Samsul Feri Apriyadi


Dalam makalah ini diungkapkan tentang pengembangan dari sebuah kurikulum untuk anak SMA. Kurikulum dari tahun-tahun ketahun terus mengalami perubahan tentunya menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi yang terbaru.

Khusus kurikulum untuk matematika perlu adanya pembahasan yang lebih detail dan mandasar yaitu antara lain kurikulum harus lebih sederhana dan fleksibel, mendefinisikan kembali peran guru yaitu guru harus memfasilitasi siswa perlu belajar, mendefinisikan kembali peran kepala sekolah;kepala sekolah harus mendukung pengembangan profesional guru dengan memungkinkan merekamenghadiri dan berpartisipasi dalam pertemuan ilmiah dan pelatihan, mendefinisikan kembali peran sekolah;sekolah harus mempromosikan manajemen berbasis sekolah, mendefinisikan kembali peran pengawas; yang supervisor perlu memiliki latar belakang yang sama dengan guru-guru mereka awasi dalam rangka dapat melakukan supervisi akademik, peningkatan otonomi guru dalam mencoba menerapkan inovasi dalam matematika dan ilmu pengajaran dan pembelajaran, dan mempromosikan lebih baik sekolah dan kolaborasi antara universitas, komunikasi antara dosen dan guru harus ditingkatkan, ini bisa dilakukan melalui tindakan kolaboratif penelitian dan bertukar pengalaman melalui seminar dan lokakarya(Marsigit,2005).

Hal ini sebagai upaya agar kurikulum SMA lebih sesuai dengan perkembangan zaman,menarik dan siswa benar-benar menguasai materi memahaminya dan menerapkannya. Serta yang terpenting materi itu disajikan secara menarik,komunikatif dan kontekstual.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar