Kamis, 22 September 2011

LESSON STUDY ON MATHEMATICAL THINKING:

Developing Mathematical Methods in Learning the Total Area of a Right Circular Cylinder and Sphere as well as the Volume of a Right Circular Cone of the Indonesian 8th Grade Students

By : Dr Marsigit,M.A

Reviewed by : Samsul Feri Apriyadi


Dalam upaya membangun kerangka berfikir matematika perlu di ajarkan konsep dasar dari matematika. Dalam hal ini,adalah pengenalan tentang matematika kepada anak SMP kelas 8 dimana mereka diajarkan tentang konsep luas permukaan dan volume dari tabung,bola dan kerucut. Disini mereka akan di berikan umpan dalam menemukan konsep tadi melalui proses belajar kelompok.Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah deskriptif-kualitatif pada kelas 8SMP yang tentunya memerlukan persiapan (RENCANA),pelaksanaan (DO), dan refleksi (SEE) serta Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkandata.

Kita ketahui bahwa kurikulum matematika untuk SMP bertujuan untuk : untuk emahami konsep matematika kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, untuk mengembangkan keterampilan berpikir dalam belajar pola dan karakteristik matematika,
untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah
,menggunakan simbol, tabel, diagram dan lainnya.

Disinilah peran guru matematika dalam membangun konsep itu. Sehingga siswa tidak hanya sekedar hafal rumus tapi mereka juga tahu bagaimana proses mencari rumus tersbut dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.Misalnya dalam mencari rumus luas selimut dari tabung, yaitu dapat digunakan dengan cara membelah selimut tabung yang akan di dapat bentuk persegi pnjang dan mereka diajak untuk benar-benar memahami bahawa luas selimut tabung adalah sama dengan menghitung luas persegi panjang.Itu hanya beberapa contoh kecil saja,selain itu mreka juga dapat memanfaatkan barang-barang disekitar untuk mengetahui luas permukaan dan volume kerucut dengan mereka membawa topi yang dari karton kemudian di belah untuk mengetahui selimut kerucut tersebut.

Dengan metode semacam itu ,mereka sudah dijak untuk berpikir analogis, berpikir deduktif,berpikir integratif (Termasuk berpikir luas) berpikir, perkembangan, berpikir abstrak (berpikir yang abstrak, concretizes, mengidealkan, dan berpikir bahwa menjelaskan kondisi), berpikir yang menyederhanakan, berpikir bahwa generalizes, berpikir yang mengkhususkan diri, berpikir bahwa melambangkan, berpikir bahwa mengungkapkan dengan angka, mengkuantifikasi, dan angka(Marsigit,2006).

Melalui pendekatan dalam proses belajar semacam itu,siswa dapat dilibatka secara aktif untuk mengenali bentuk-bentuk bendanya yang ada disekitar . Kemudian dijelaskan proses dalam menemukan sebuah rumus dan aplikasinya. Selain itu untuk mengetahui tingkat pemahaman mereka dapat dilakukan tes dari materi tersebut.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar