Kamis, 15 September 2011

PENGEMBANGAN KEMAMPUAN GURU

Developing Teacher Training Textbooks for Lesson Study in Indonesia

By Marsigit

Reviewed by Samsul Feri Apriyadi

Guru sebagai salah satu sumber belajar dari siswanya harus menguasai materi yang akan diajarkan.Salah satunya dengan cara menguasai konsep melalui model textbook. Disini mereka harus menguasai konsep,teori,media dan fasilitas pendukung yang lainnya.

Pemerintah melalui kementerian pendidikan nasional telah menentapkan standar minimum yang harus di kuasai oleh seorang siswa yaitu afektif, cognitif ,dan psikomotorik.Diman semua itu hanya dapat tercapai ketika guru menguasai materi yang akan disampaikan ke siswanya melalui proses pengajaran dan pembelajaran yang optimal.

Dalam proses pengajaran dan pembelajaran mereka di ajarakan tentang cara penyelesaian dan studi kasus dari suatu masalah. Sehingga pemahaman mereka akan matematika akan meningkat. Proses pembelajaran yang menarik dan interaktif dalam mengajarkan matematika juga memerlukan metode dan waktu yang tepat.

Tujuan dari pembelajarn matematika dalam usaha pembangunan lesson study melalui teks book adalah memahami apa itu matematika ,konsepnya,hubungannya dengan yang lain dan aplikasi dari matematika itu sendiri dalam kehidupan.Membangun pola pemikran dan karakter dari matematika yang mampu menjernalisir setiap masalah dengan proporsi yang tepat.Dengan Aktifitas pembelajaran yang mampu membangun konsep berfikir matematika yang real dan logis.Yang di dapat melalui proses belajar dan pengalaman di kelas atau tempat yang lainnya.

Khusus untuk kebutuhan pengembangan teksbook untuk matematika di SMP kita memerlukan gambaran bagaimana rencana dan kegiatan kelasa selanjutnya yang harus dilakukan yaitu : pemecahan masalah,proses,hasil,hubungan dalam matematika,makna matematika dan kaitan matematika dengan yang lain.

Terakhir guru harus mampu mengevaluasi dari setiap kegiatan pemblajaran yang dilakukan baik metodenya,media ataupun suasana kelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar